Home > Info > Ubiquity Kenalkan Teknologi MIMO di Indonesia

Ubiquity Kenalkan Teknologi MIMO di Indonesia

Ubiquity

JAKARTA –  Di Indonesia, akses Broadband masih didominasi pemakaian fiber optic. Padahal penggunaannya memiliki banyak kelemahan.

Kelemahan yang dimaksud, seperti biaya instalasi yang tinggi serta hampir tidak memungkinkan untuk digunakan dalam skala mobile. Kekurangan inilah yang menjadi alasan munculnya mobile broadband dengan kemampuan transfer rate besar dan mobilitas tinggi.

Kehadiran mobile broadband juga diikuti perkembangan teknologi telekomunikasi antara lain MIMO (Multiple Input, Multiple Output). Teknologi arsitektur MIMO dengan channel bandwidth yang lebih lebar menawarkan peluang menciptakan pendekatan yang sangat powerful dan cost effective untuk meningkatkan kemampuan transfer melalui udara.

“Dari ujicoba kami, banyak keunggulan MIMO dibanding a/b/g. Daya tembus MIMO terhadap penghalang jauh lebih baik, jangkauannya lebih luas, dapat mengenali gelombang radio dari adaptor WiFi 802.11a/b/g, dan menghasilkan transfer rate hingga 300Mbps,” jelas Teguh Wijaya, Direktur Spectrum Indonesia, di Jakarta, Kamis (20/1/2011).

Teguh juga menyarankan bagi yang ingin membangun infrastruktur jaringan komputer di kantor atau di rumah, ada baiknya memakai piranti wireless yang berteknologi MIMO.

“Ini demi kehandalan jaringan wireless Anda. Karena MIMO meningkatkan kinerja jaringan wireless di tempat Anda dari kecepatan dan jangkauannya. Akan lebih optimum lagi jika kedua ujung piranti juga menggunakan MIMO,” imbuhnya.

Penjelasan dari Teguh diperkuat oleh Onno W. Purbo dalam semintar interaktif di
sesi berikutnya. Satu-satunya instruktur WirelessU (Wireless University; www.
http://wirelessu.org) asal Indonesia ini menjelaskan basic MIMO yaitu penggunaan
multipe antena baik di pemancar (transmitter) dan juga di penerima (receiver) untuk
meningkatkan performa konektifitas wireless.

“MIMO banyak digunakan dalam teknologi komunikasi wireless karena mempunyai kemampuan signifikan dalam meningkatkan transfer data melalui udara tanpa adanya tambahan penguat sinyal,” jelasnya.

Di sela-sela penjelasannya, Onno juga melakukan Live Demo MIMO, serta melakukan komparasi dengan a/b/g. Teknologi IEEE 802.11n ini dibuat berdasarkan 802.11 dengan menambahkan MIMO dan operasi Channel-bonding/40 Mhz pada layer Physical, dan aggregasi frame pada layer MAC.

“Dua keuntungan penting yang diberikan pada 802.11n adalah keragaman antena dan multiplexing spatial. Teknologi MIMO mengandalkan sinyal yang dipantulkan dari berbagai arah, yang oleh teknologi tradisional justru menjadi sumber interferensi,” jelas Onno lagi.

Kemampuan MIMO lainnya yaitu Spatial Division Multiplexing (SDM). SDM melakukan multiplexing secara spatial beberapa stream data independent, secara simultan
di transfer di dalam satu spectral channel bandwidth.

“MIMO SDM dapat secara significant menaikkan aliran data seiring naiknya jumlah stream data yang berserakan namun tetap bisa digabungkan kembali,” ungkapnya.

Sebagai dealer utama UBiQUiTi, Spectrum Indonesia juga memperkenalkan beberapa jenis perangkat jaringan andal seperti NanoStation M5, NanoStation M2, NanoBridge, AirGrid, PicoStation.

“Fitur-fitur pada produk ini dapat diandalkan untuk penggunaan beban jaringan sekelas ISP. Selain itu, harga yang ditawarkan lebih terjangkau dibanding perangkat seperti Wimax, namun dengan kemampuan dan dukungan purna jual yang jempolan,” ujar Teguh.

Spectrum Indonesia telah melayani pemasaran produk-produk Ubiquity sejak Februari 2007 dan ditunjuk sebagai Master Dealer untuk wilayah Asia sejak 2009. Selain menyediakan produk jaringan, Spectrum Indonesia juga melayani jasa pelatihan dan konsultasi jaringan, terutama wireless. (srn)

Categories: Info Tags: , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: