Home > Info > Chrysler Jawab Kritik dengan Dodge Charger SRT8

Chrysler Jawab Kritik dengan Dodge Charger SRT8


(foto: top speed.com)

Chrysler meluncurkan muscle car terbaru Dodge Charger SRT8. Mobil ini merupakan jawaban Chrysler pada kritikus yang menganggap mereka telah gagal melahirkan muscle carmuscle car baru.

KETIKApameran automotif lainnya menawarkan teknologi ramah lingkungan dan sumber energi alternatif, Chicago Auto Showjustru tampil beda dengan mengangkat isu kebangkitan mobil-mobil muscle car. Di negeri Paman Sam,nama Chicago Auto Showmemang kalah mentereng dengan Detroit Auto Show.Namun,jangan salah, pameran automotif di kawasan Chicago itu memiliki keistimewaan. Chicago Auto Showadalah pameran automotif terluas dan terpanjang waktu penyelenggaraannya di Amerika Serikat.

Digelar di atas lahan seluas 121.000 meter persegi, tepatnya di McCormick Place,Chicago Auto Show berlangsung pada 11 Februari hingga 20 Februari. Saking luasnya tempat pameran,mobil-mobil yang dipajang disebutkan mencapai angka 1.000 unit. Tidak heran jika Chicago Auto Show merupakan pameran automotif ketiga terluas di dunia setelah Frankfurt’s Internationale Automobil-Ausstellung dan Paris’ Mondial de l’Automobile atau dikenal dengan nama Paris Auto Show.

Selain catatan statistik tersebut,sesuatu yang paling menarik dari pameran ini adalah isu dan tren automotif yang mereka angkat.Nah,pada tahun ini Chicago Auto Showjustru tampil beda dengan memopulerkan tema peningkatan horse poweratau tenaga kuda. Di pameran ini,produsen mobil tidak malu-malu menampilkan mobilmobil monster mereka.Contoh saja General Motors yang membawa Chevrolet Camaro ZL1.Mobil sedan sport ini mampu menggelontorkan tenaga sebesar 550 daya kuda.

Chevrolet Camaro ZL1 adalah versi terbaru dari Chevrolet Camaro ZL1 yang keluar pada 1969.Mobil ini sangat legendaris karena saat pertama kali keluar sudah berhasil mencapai tenaga 427 daya kuda.Mobil ini pun terbatas karena hanya di– produksi sebanyak 69 unit.Dibekali mesin V8 berkapasitas 6.200 cc serta penyematan teknologi superchargeddan intercooled, wajar saja tenaga Chevrolet Camaro ZL1 semakin berlipat.

Dengan tenaga sebesar itu, Chevrolet Camaro dilengkapi dengan rem Brembo berukuran 370 mm di depan dengan enam piston kaliper serta rem belakang berukuran 365 mm dengan empat piston kaliper. Tidak mau kalah,produsen mobil lainnya,Chrysler dan Ford,ikut membawa mobil bertenaga monster. Chrysler memamerkan Dodge Charger SRT8.Tenaga yang dimiliki mobil ini lebih gila lagi,yakni mencapai 465 daya kuda.

Dodge Charger SRT8 merupakan jawaban Chrysler atas kritikan yang diterima Chrysler 300.Mobil tersebut dikritik karena tampilannya yang konvensional.Berbeda dengan Chrysler 300,Dodge Charger SRT8 memang tampil lebih brutal.Ini terlihat dari wajahnya yang kokok berkat dual-pane grill. Di antara deretan muscle cartersebut, Ford sepertinya sangat terlihat jumawa. Di ajang ini,mereka menghadirkan mobil legendaris Shelby GT350.Mobil ini mampu menggelontorkan tenaga hingga 624 daya kuda.

Apa yang dilakukan Ford di ajang ini memang menarik.Kehadiran Shelby 350 seolah menjawab tantangan Chevrolet. Pada tahun lalu Chevrolet Camaro untuk pertama kalinya sejak 1985 berhasil mengangkangi penjualan Ford Mustang.Autodata Corp menyebutkan,pada tahun lalu General Motors berhasil menjual sebanyak 81.229 unit Camaro.Lebih banyak 7.583 unit ketimbang penjualan Ford Mustang yang hanya mencapai 73.716 unit.

Chief Marketing Ford Amerika Serikat Jim Farlet mengatakan, persaingan di segmen muscle car justru sangat positif.“Kompetisi ini menunjukkan kalau mobil-mobil bertenaga besar masih dicintai di tengah pentingnya sumber tenaga alternatif dan regulasi ekonomi bahan bakar,”ujarnya. Jim memprediksi pada tahun ini mobil-mobil dengan bertenaga besar akan digemari masyarakat.“Trennya satu tahun ke depan akan berkembang, namun setelah itu bisa jadi 18 bulan hingga dua tahun ke depan akan kembali sedikit stagnan,”ucapnya.

Muscle caryang dipamerkan di ajang Chicago Auto Showtidak hanya datang dari Negeri Paman Sam.Beberapa produsen asal Asia juga turut serta memamerkan mobil-mobil yang mereka klaim sebagai muscle car.Contohnya Hyundai yang membawa Hyundai Genesis R-Spec. Hyundai sepertinya punya cara sendiri dalam menafsirkan muscle car. Tidak seperti muscle car ala Amerika yang hanya memiliki dua pintu,Hyundai tetap setia dengan gaya sedan empat pintu.

Meski mengusung label RSpec, kesan elegan malah tetap kental pada mobil tersebut. Namun,jika bicara kekuatan dapur pacu,Hyundai Genesis R-Spec cukup mengerikan.Seperti muscle car Amerika yang setia dengan mesin V8 berkapasitas 5.000 cc,mobil ini mampu menggelontorkan tenaga 429 daya kuda.

Kehadiran muscle carmemang sedikit memberikan warna bagi industri automotif.Sebab,sejak dunia automotif lahir,fokus utama pengembangan riset dan penelitian memang berpusat pada peningkatan performa.Jadi,Chicago Auto Show sedikit mengingatkan para pencinta dan pelaku industri agar tetap kembali ke khitah,yakni peningkatan performa mesin. (uky)

Categories: Info Tags: , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: